//
you're reading...
Uncategorized

Orde Baru “masih” berkuasa

akhir-akhir ini, mungkin peristiwa yang paling banyak mengiasi bibir masyarakat Indonesia adalah perihal kondisi kesehatan mantan Presiden Suharto. hampir tidak ada media yang tidak memuat dan memantau perkembangan kesehatan sang “Bapak Pembangunan”. tak lengkap sampai disitu saja, segala hal yang berkaitan dengan beliau dan sepak terjang beliau kembali “diingatkan” kepada kita.

seorang teman pernah bertutur: “wah, suharto memang orang hebat. sampai saat ini, kelihatan bagaimana pengaruhnya yang begitu besar”. lebih kurang seperti itu. kalau kita saksikan, penilaian ini ada benarnya. tak kurang para pejabat pun beramai-ramai berkunjung ke RSPP, tempat pak Harto dirawat. seolah bangsa ini sedang menghadapi masalah besar dan serius. melihat kondisi ini, beragam pandangan mulai bermunculan. banyak prihatin dan lantas mendoakan beliau, atau bahkan secara khusus mengadakan ritual doa bersama-bersama. dan tak sedikit pula yang mencoba menyuarakan persoalan hukum.

untuk hal pertama, sikap ini mungkin wajar. kita sebagai rakyat, sesama muslim wajib untuk ikut prihatin dan mendoakan yang terbaik. tapi, untuk masalah kedua, beragam pandangan mencuat. pihak yang bersikukuh untuk menegakkan proses hukum untuk pak harto terkait masalah korupsi pada era beliau menjadi presiden. dan bahkan karena sudah terlalu kasihan, berusaha menyuarakan untuk memaafkan beliau. seolah beliau tidak pernah berbuat korupsi. berusaha melupakan penderitaan masyarakat selama 32 tahun.

terlepas dari pro-kontra tersebut, selayaknya kita berlaku arif dan bijaksana. mungkin ada benarnya, saat ini bukan waktu yang tepat untuk membicarakan proses pengadilan seperti perintah Presiden SBY kepada Hendarman Supandji untuk menawarkan proses hukum diluar pengadilan. biarkanlah kondisi ini berlalu dengan hasil yang terbaik. namun kita proses hukum tetap harus ditegakkan.wacana “penghapusan” bukanlah keputusan yang bijak karena hal ini akan memperburuk citra penegakkan hukum di Indonesia. bahkan kalau ini terjadi, maka akan menjadi tren tidak baik bahkan “senjata ampuh” bagi para koruptor di negeri ini. wallahu a’lamu bish shawab

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hadis hari ini

Rasulullah SAW bersabda: "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya"
January 2008
M T W T F S S
    Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Follow me !

%d bloggers like this: