//
you're reading...
Uncategorized

abstraksi: pengaruh sikap oportunis manajer terhadap indikasi unsur manajemen laba pada bank syariah

ABSTRAKSI

SEPKY MARDIAN. Pengaruh Sikap Oportunis Manajer terhadap Indikasi Manajemen Laba pada Bank Syari’ah (Studi Empiris pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.). (Dibawah bimbingan Unggul Purwohedi, SE., M.Si. dan Leiz Suzanawaty, SE., M.Si). Jurusan Muamalat Sekolah Tinggi Ekonomi Islam, 2007.

Salah satu tujuan utama perusahaan adalah untuk memaksimalkan kemakmuran pemegang saham. Untuk mencapai tujuan tersebut, pemilik mendelegasikan prosesnya kepada pihak profesional karena keterbatasan pemilik. Hubungan yang terjalin antara pemilik (prinsipal) dengan pihak professional (agen) untuk mencapai tujuan tertentu dijelaskan dalam teori keagenan (agency theory). Namun, seringkali terjadi konflik kepentingan antara kedua pihak karena adanya information asymmetries. Tak jarang, pihak agen bersikap oportunistis untuk memaksimalkan kepentingannya, seperti merekaya pos-pos akrual untuk meningkatkan bonus atau kompensasi, dan sebagainya.

Banyak penelitian, baik luar negeri maupun dalam negeri yang meneliti tentang praktek manajemen laba oleh manajemen. Tetapi, penelitian tentang praktek manajemen laba yang dikaitkan dengan Islam relatif masih sedikit. Diantara peneliti yang memasukkan variabel muslim terhadap praktek manajemen laba adalah Unvar R. Muthalib, et. al. (2004). Beliau membuktikan secara empiris bahwa tidak terdapat perbedaan antara praktek manajemen laba antara perusahaan dengan mayoritas top manajer muslim dengan perusahaan dengan minoritas top manajer muslim. Perusahaan dengan mayoritas top manajer muslim tidak lebih rendah dibanding perusahaan dengan minoritas top manajer muslim dalam praktek manajemen laba.

Berangkat dari hasil penelitian tersebut dan penelitian lainnya, peneliti melakukan replikasi penelitian dengan objek penelitian Bank Umum Syari’ah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan ingin mendeteksi keberadaan dan ketiadaan praktek manajemen laba pada bank syari’ah yang menjalankan operasionalnya berpedoman pada prinsip syariah dan dijalankan oleh sumber daya insani yang memahami prinsip-prinsip Islam. Disamping itu, untuk membuktikan secara empiris tentang keberadaan dan ketidaan pengaruh sikap oportunis manajer terhadap indikasi unsur manajemen laba.

Diantara Bank Umum Syari’ah yang ada, hanya PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk. yang layak dijadikan objek penelitian, karena Bank Umum Syari’ah yang lain belum menjadi perusahaan publik. Penelitian sebelumnya tentang manajemen laba dilakukan pada perusahaan publik. Data penelitian diambil dari seluruh Laporan Keuangan Triwulan PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. dari 2000-2006. Hal ini mengingat ketersediaan Laporan Keuangan Triwulan PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk.

iv

Alat analisis data yang digunakan adalah model modifikasi Healy dan Jones untuk menghitung total akrual sebagai variabel deteksi manajemen laba dan uji regresi berganda (multiple linier regression) untuk mendeteksi pengaruh sikap oportunis manajer terhadap indikasi manajemen laba. Sikap oportunis manajer diukur dengan ROA, DER dan pendapatan sebagai proksi ukuran perusahaan. Ketiga variabel ini juga telah digunakan oleh masing-masing McNilson & Wilson (1988), Defond & Jiambalvo (1994), dan Watts & Zimmerman (1986).

Hasil penelitian membuktikan secara empiris bahwa PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. terindikasi praktek manajemen laba yang ditunjukkan dengan nilai total akrual yang kecil kurang dari satu, yaitu -0.0025. Sedangkan hasil uji regresi berganda membuktikan bahwa variabel sikap oportunis manajer tidak memiliki pengaruh terhadap indikasi manajemen laba, baik pengaruh variabel bebas secara bersama, maupun pengaruh secara masing-masing individu variabel bebas terhadap variabel terikat.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hadis hari ini

Rasulullah SAW bersabda: "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya"
January 2008
M T W T F S S
    Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Follow me !

%d bloggers like this: