//
you're reading...
Uncategorized

Aura Perekonomian Global

Hari-hari belakangan ini “aura” perekonomian global sedang redup dan menghawatirkan. Setidaknya kondisi perekonomian Amerika Serikat yang berada dalam level “fear” kalau tidak mau mengatakan “panic” memberikan kontribusi wujudnya aura tersebut. Amerika Serikat dalam dekade terakhir sejak tahun 1930 kembali mengalami titik nadir yang mencemaskan. Dimulai dari ambruknya sektor properti atau yang lebih dikenal dengan subprime mortgage. Banyaknya kredit yang gagal bayar di sektor ini adalah wujud lengkapnya. Hal ini terjadi diawali kebijakan menurunkan tingkat suku bunga pinjaman sampai ke level 1 %. Tingkat suku bunga ini memicu rush dari masyarakat untuk membeli perumahan meskipun secara ril mereka tergolong sulit untuk mengambil kredit ini. Seperti yang diungkapkan Pardede, Pengamat Ekonomi Amerika Serikat dalam acara talkshow “Save Our Nation” yang diadakan Metro TV tadi malam (30/1) bahwa kondisi sempat “äman” dalam selang waktu 1.5 tahun sejak 2003.

Kondisi ini diperparah oleh kebijakan utang dari pemerintah Amerika Serikat yang lain dari pemerintahan sebelumnya. Pemerintah saat ini, Bush mengeluarkan kebijakan utang tinggi bahkan mencapai lebih dari 70 % PDB untuk memback up-nya. Diantara kebijakan utang tersebut adalah untuk membiayai perang di Afghanistan, Irak dan sebagainya.

Redupnya perekonomian US ini sedikit banyak mempengaruhi aura perekonomian global. US merupakan tujuan ekspor dari banyak negara. Kini, harapan tertuju pada negara-negara Asia yang saat ini sedang mengalami kemajuan ekonomi yang pesat seperti China dan India. Perekonomian kedua negara ini menjadi primadona dunia. Namun, berdasarkan analisa dari para ekonom, kedua negara ini belum bisa meredam kondisi yang mencemaskan.

bersambung……

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hadis hari ini

Rasulullah SAW bersabda: "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya"
January 2008
M T W T F S S
    Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Follow me !

%d bloggers like this: