//
you're reading...
refleksi

refleksi aja…..

Hari ini, aku coba buka posting email satu per satu di addresku. Setelah jauh “melayang” aku melihat runtutat suatu diskusi yang amat alot. “Mengapa harus ekonomi Islam?” itulah tema diskusi yang banyak dinamika ilmu dan argumentasi. Aku merunut posting itu dari awal dan merangkai dalam sebuah tulisan yang saling bersambung.

Sekilas terbaca, diskusi ini sarat dengan ilmu. Banyak referensi dan alur logika berfikir yang tercipta. Meski diskusi ini dilakoni oleh dua orang saja Pak Ali dan Mas Erwin. Banyak hal yang baru dariku dalam hal berdiskusi.

Ada hal yang menarik. Alur diskusi ini mengisyaratkan bahwa masih butuh debat panjang tentang ekonomi Islam. Satu sisi kita semua berharap dan yakin bahwa Ekonomi Islam harus menggantikan ekonomi kapitalis, tapi di sisi lain memang sistem ini belum ada pengalaman nyata sebagaimana halnya bank konvensional. Dan yang terakhir inilah yang sering dipermasalahkan oleh mereka yang meragukan ekonomi islam.

Tapi, menurut penulis. Keberatan itu ada benarnya . Tapi itu tidak lantas menjadikan kita tidak berpihak kepada ekonomi islam. Kritik ilmiah memang harus dimunculkan, tetapi dalam rangka memprkokoh bangunan ekonomi islam yang sedang kita bangun. Agar bangunan itu menajdi semakin kuat. Kita harus menghargai saudara kita yang terus berjuang dengan ikut memberikan masukan dan keberpihakan, bukan malah ikut menggerogoti dengan maksud melemahkan.

Bukankah kita juga sudah mulai merasakan, meski berbentuk parsial. Bahwa sistem ekonomi islam lebih adil. Sekarang saatnya kita berjuang dan arif melihat kelemahan yang ada untuk diperbaiki…

bersambung…..

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hadis hari ini

Rasulullah SAW bersabda: "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya"
February 2008
M T W T F S S
« Jan   Jan »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Follow me !

%d bloggers like this: