//
you're reading...
Ekonomi Islam

“Bank Muamalat in Integrity”

Keberhasilan Bank Muamalat mengimplementasikan standar penerapan aturan syariah pada level yang tinggi di seluruh aspek penilaian kualitas, mengantarkan bank syariah pertama di Indonesia ini memperoleh penghargaan internasional dengan meraih Sharia Quality peringkat `’AA”. Penghargaan itu diberikan oleh Islamic International Rating Agency (IIRA) yang berpusat di Bahrain (Republika, 06/02/2008)

Subhanallah. Dunia internasional kembali memberikan pengakuan terhadap kinerja bank syariah Indonesia, tepatnya Bank Muamalat Indonesia setelah sebelumnya bank bersangkutan meraih penghargaan internasional di Singapura. Penghargaan kali ini amat prestisius, yaitu bidang Sharia Quality. Ini tentu menunjukkan bahwa aspek pemenuhan prinsip syariah menjadi poin perhatian yang cukup serius bagi operasional perbankan syariah di Indonesia. Perhatian yang sama juga terlihat dari kehati-hatian Indonesia dalam mengeluarkan produk perbankan dibanding negara lain yang juga memiliki bank syariah. Meski pada sisi lain, perhatian ini menempatkan bank syariah di Indonesia memiliki ragam produk yang tidak variatif. Malaysia misalnya, memiliki produk perbankan yang lebih kompleks. Namun, variatifitas produk tersebut kurang memperhatikan aspek pemenuhan prinsip syariah, misalnya adanya akad yang menggunakan bai’ inah. Akad yang hampir mirip dengan praktek riba dan tidak memenuhi rukun akad yang semestinya.

Prestasi ini layak menjadi legalitas dan pengakuan bagi perbankan syariah di Indonesia, sekaligus teladan bagi perbaikan bagi bank syariah yang lain. Sehingga keunggulan dan karakteristik bank syariah menjadi darah dalam operasional bukan slogan semata.

bersambung…..

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Hadis hari ini

Rasulullah SAW bersabda: "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya"
February 2008
M T W T F S S
« Jan   Jan »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Follow me !

%d bloggers like this: